Obat Herbal Bapak

Standard

Bapak sudah sepuh, usianya sudah 73 tahun.Sejak 4 tahun belakangan ini daya ingatnya semakin menurun, banyak cerita yang aneh. Sepertinya semuanya serba salah di mata istri dan anak-anaknya.

obat-herbal

Ingat ketika waktu itu Bapak ada giliran menyiapkan hidangan minuman seperti kopi, teh dan makanan pengiring Bapak-Bapak yang sedang ronda di kampung. Waktu itu Bapak menuliskan selembar kertas surat dan diletakkan di atas meja untuk meminta disiapkan hidangan tersebut.

Merasa aneh, seumur-umur baru sekali ini Bapak bersikap seperti itu. Ya, usia Bapak waktu itu sudah 69 tahun.

Beberapa bulan yang lalu kakak ipar berniat baik untuk membelikan obat herbal dari ramuan daun Kelor dan kulit buah Manggis. Sebenarnya Ibu tidak berani mencobakan kepada Bapak. Bapak sudah tidak bisa berpikir lancar jadi sepenuhnya Ibu lah yang merencanakan untuk hidup beliau.

Ketika saya pulang lebaran waktu itu, Ibu minta pendapat saya apakah obat herbal itu bisa diminum Bapak. Dan karena dari literatur yang saya baca bahwa daun Kelor dan kulit buah Manggis adalah bagus untuk kesehatan, maka saya mengiyakan pertanyaan Ibu.

2 hari setelah minum ramuan herbal itu, kaki Bapak bengkak dan Ibu mengalami pendarahan seperti menstruasi, sedangkan Ibu sudah mengalami menapouse mungkin 10-15 tahun yang lalu. Seketika itu kami bersepakat untuk menyetop penggunaan obat herbal.

Entah mengapa kami kurang tahu karena keterbatasan keilmuan kami tentang obat-obatan. Tapi mungkin karena efek dari obat-obatan dan herbal itu bisa berbeda-beda dari setiap individu, jenis kelamin, usia dan latar belakang kondisi tubuh masing-masing orang. Secara pribadi saya sendiri saat ini lebih percaya pada dokter, setidaknya mereka sudah menempuh studi kedokteran selama puluhan tahun dan kedokteran sendiri adalah ilmu pengetahuan. Jadi kenapa tidak kita berpedoman kepada yang lebih jelas dan ada teorinya?

BR/F

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s