Pemanasan Global

Standard

ist2_3026726-global-warming-concept-ii-north-america-isolated1Dunia semakin panas dengan adanya pemanasan global, es di kedua kutup semakin meleleh membanjiri lautan seantero jagad, pulau-pulau kecil menjadi semakin menciut dan lama-lama akan hilang, batas kedaulatan suatu negara pun akan berubah. Batas pantai pun juga akan naik ke daratan yang lebih tinggi, bisa dibayangkan kota2 di pesisir pantai akan tenggelam beberapa meter dibawah permukaan laut, sebut saja Jakarta, Sydney, Singapura, Newyork atau yg lain.

Hampir kesemua kota besar dunia ada di daerah pesisir, terlebih dalam dekade terakhir ini semua masyarakat dunia melakukan urbanisasi masal, desa ditinggalkan, kota sebagai sandaran hidup mereka, bak umpan yang tinggal menunggu waktu, para calon korban ini akan dilenyapkan dengan sapuan gelombang ombak.

Semua berawal dari Karbondioksida ( CO2 ) yang manusia keluarkan tiap hari ke atmosfir bumi, sebut saja asap kendaraan, pabrik2, pembangkit listrik minyak dan batubara, pembakaran hutan dan lahan pertanian hingga energi panas yang dikeluarkan oleh alat2 listrik yang ada dirumah kita, tv, setrika, komputer dsb. CO2 itu akan terus berada di dalam atmosfer Bumi sehingga panas Matahari yang dipancarkan ke Bumi akan terperangkap didalam atmosfernya (tidak bisa dipantulkan keluar kembali) karena molekul2 CO2 bersifat memerangkap dan memantulkan panas. Hasilnya panas akan tertahan lebih lama di langit Bumi, yang akan menyebabkan iklim berubah. Itulah yang disebut efek rumah kaca.

 Hal yg dapat disebabkan oleh kenaikan suhu permukaan Bumi ini adalah naiknya permukaan laut, mengeringnya sungai2 dan danau, kekeringan terjadi dimana2, kebakaran semak dan hutan, yang lama2 akan mengakibatkan penggurunan, musnahnya beberapa spesies hewan dan tumbuhan, kelaparan dimana2, manusia akan menjadi korban yang pertama. Belum lagi serangan badai yang terjadi tiba2, karena perbedaan suhu yang signifikan, mempercepat laju angin dan badai.

global-warmingEs di kutup utara saat ini pun tinggal 1/4 dari dimulai dari Greenland yang tercatat kenaikan panas 4C pada tahun 1991, saat ini kita bisa menaiki kapal dari Greenland ke Siberia menyebrangi kutup utara. Sedangkan umur maskot kutub utara *beruang kutup* tinggal menghitung hari. Hmm..

 

Jadi, menyikapi apa yang terjadi di sekitar ini selayaknya menjadikan kita lebih peduli mengenai hal ini.

Kita bisa memulai dengan mengubah perilaku kita akan boros energi, menggunakan listrik secukupnya, mengurangi penggunaan bahan yang non organik karena untuk mendaur ulang membutuhkan waktu yang lama, kampanyekan hal ini ke teman2 anda, saudara anda, seharusnya pemerintah juga mempunyai porsi yang sangat besar dengan permasalahan ini, bagaimana membangun infrastruktur negara yang lebih ramah lingkungan, mencari solusi energi terbarukan, serta mengembalikan alam ini kepada posisi semestinya.

bigstockphoto_global_warming_217540203Tidaklah layak bagi kita untuk selalu mengeksplore apa yang ada di bumi kita ini, bumi telah terkoyak oleh tangan  manusia.

 

19 thoughts on “Pemanasan Global

    • sujatna

      setuju….!!!!
      kesadaran adalah awal dari semuanya……
      *********************

      Kesadaran adalah titik balik dari apa yang akan kita lakukan, hehe sama ya?🙂

  1. I will dunie … manusie in the word sadar akan adanya ahirat ……..
    the Allah affter membery bukti kpd we are full….bahwa dunie ni semaken rtue…yee
    begitu tue dunie bgt banyak tingkah laku manusie yang tak senonoh ……saye sebagaiii komunitas islam saye menasehati diri saye sendiri jak bah dan orang lain supaye sadar akan dunia …….

  2. harbiyatul muthmainnah

    as…introspeksi diri ya ..sudah sejauh mana kita sudah berada pada kebenaran yang sudah di tunjukan oleh Allah………….jgn abaikan peringatan dari allah ini key…………..

    wa’alaikum salam.. iya semua ini bagian dari tanda2-Nya.. semoga kita selalu baik2 saja.. amien..

  3. Cicik

    sadar diri, berdo’a dan berusaha tetap menjaga kkelestarian bumi

    ######
    Amien, iya mbak Cicik… semoga rakyat bangsa ini cepat sadar..

  4. Imam nurohim

    Bumi ini adlh tempat kta berpijak,jika bumi ini rusak mau tinggal d mna lgi kita.
    Melindungi bumi & sluruh isinya adlh tgs kta sbgi penghuninya.

    ########
    semoga masyarakat dunia ini segera sadar..

  5. nuna

    jangan cma blng setuju doang …??
    *************************

    Kalau begitu di komenin yang panjang ya? hehe and tetep save our earth…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s