Aksi tangan si dukun cilik

Standard

Penat.. berdesak2an, seluruh raga ini terdera.. begitu kira2 perasaan para pengantri berjejalan mengharapkan sepercik air yang mereka yakini membawa penyembuhan bagi dirinya dan keluarga mereka.

Air itu sebenarnya hanya berupa air biasa yang dicelupkan oleh dukun kecil itu ( Ponari) dengan sebuah batu yang diyakini bisa menyembuhkan. Awalnya batu itu dia temukan ketika dia sedang bermain2 dengan teman sebayanya yang memancarkan warna merah. Hingga suatu saat ketika salah satu tetangganya sakit, dia secara tidak sengaja memasukkan batu itu dalam gelas air minum tetangganya yang sakit, kemudian diminumnya air itu, dan seketika sembuh, itu yang mereka claim-kan. Tetapi apakah memang seperti itu kejadiannya?

Penduduk dari penjuru daerah khususnya Jombang dan Jawa timur masih terlihat tumpah ruah di kampung Ponari berada. Entah apa yang mereka yakini, apakah memang masyarakat sudah tidak mampu lagi berobat ke dokter/puskesmas? Menurut media masa, kondisi instalasi kesehatan di daerah itu cenderung baik. Pada 2 minggu pertama membuka praktek, antrian panjang yang memakan waktu hingga bbrp hari ini telah mencabut 4 nyawa para pengantrinya. Malang..

Akhir2 ini juga santer terdengar komnas anak yang menentang praktek pengobatan ini dikarenakan Ponari tidak lagi mengenyam sekolah dan tidak lagi bisa bermain dengan teman sebayanya karena sibuk mengobati para pasien. Terdengar juga pengaduan dari ayah Ponari sendiri yang saat ini kesulitan menemui Ponari dan pernah mengalami pemukulan oleh kerabat sendiri yang saat ini mengendalikan diri Ponari.

Yah, banyak pro dan kontra tentang pengobatan ini, banyak dari kita yang menilai kegiatan ini menjurus kepada syirik, karena memang kita percaya kepada kekuatan batu/seseorang. Tetapi begitu banyak orang yang datang ke dukun kecil ini, jelas terlihat bagaimana keimanan masyarakat ini teruji..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s