Gempa di Manokwari dan NTT

Standard
Gempa Manokwari

Gempa Manokwari

Hidup di antara himpitan lempeng-lempeng aktif benua memang lebih banyak berpotensi gempa, itulah Indonesia. Dari sisi barat Sumatra keselatan hingga pesisir selatan Jawa kemudian diketimur yaitu antara lepeng Asia dengan lempeng laut India, kemudian lempeng pasifik diatas pulau Papua bertabrakan dengan lempeng benua Australia. Hmm Tragis memang.

Setelah kita waktu itu ada gempa disusul tsunami di Aceh, kemudian gempa Jogja, hari ini di awal tahunpun Manokwari, Papua Barat diguncang gempa denga 7,6 SR dini hari (04 Jan ’09), menurut BMG gempa ini tidak disusul dengan tsunami.

Selain itu gempa juga mengguncang NTT dengan 5,6 SR. Pusat gempa berada di laut, sekitar 45 km Barat Laut Labuhanbajo, NTT. Kedalaman gempa 125 KM. Menurut BMG, gempa ini tidak menimbulkan tsunami. Dilaporkan dari Manokwari ada 2 hotel dan 2 bank ambruk dan terdapat 4 korban meninggal.

Yah, semoga dalam hal ini para aparat dan masyarakat serta pemerintah terkait bergerak sigap, untuk meminimalisir jumlah korban. Bantuan diharapkan segera dikirimkan tepat waktu, jangan sampai karena faktor lokasi yang terpencil mempersulit jalur distribusi bantuan.
Seharusnya pemerintah kita sudah mempunyai pengalaman, dan sudah siap karena sebelumnya sudah pernah mengalami bencana-bencana gempa ini.

One thought on “Gempa di Manokwari dan NTT

  1. nice posting bro, sebenarnya indonesia dapat meniru jepang dalam hal gempa. tapi kenyataannya tiap kali ada gempa, selalu aja ada korban meninggal..

    tak kenal, maka tak sayang. pepatah lama itu kayaknya cocok buat indonesia dalam mengantisipasi gempa. sebaiknya kita (indonesia) kenali area yang rawan gempa, kemudian di buat program antisipasi nya.

    //Harusnya seperti itu, program yang berkesinambungan, apa yang perlu direncanakan kedepan, bagaimana meminimalisir korban, dst. Aku termasuk korban gempa Jogja lho? sedikit lecet di lutut karena terjatuh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s